LAUNCHING APLIKASI SIDAKSOS “SISTEM INFORMASI DATA TERPADU KESEJAHTERAAN SOSIAL” TAHUN 2019

Sistem Informasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (Sidaksos) ini dikembangkan oleh Dinas Sosial Kota Semarang untuk dapat menjawab tentang pentingnya data yang Valid dan ter-update guna ketepatan sasaran dalam Pemberian Bantuan dan Penanganan Fakir miskin di Kota Semarang. Sidaksos ini disediakan sebagai monitoring data dan bahan evaluasi terkait Program Penanganan Fakir Miskin di Kota Semarang yang juga disediakan rekapitulasi Data yang memberikan kemudahan bagi eksekutif dalam pengambilan keputusan. Untuk mendapatkan data yang valid dan up to date Verifikasi secara berkala setahun 2(dua) kali  Juli Desember harus terus dilakukan. SIDAKSOS memuat Data Terpadu kesejahteraan Sosial Kota Semarang untuk itu Semua OPD yang terkait dengan Pemberdayaan Fakir Miskin dan Pemberian Bantuan harus mengentrikan dalam aplikasi SIDAKSOS sehingga ke depan dapat di ketahui setiap individu atau keluarga miskin sudah terintervensi program dan bantuan apa saja, hal ini digunakan sebagai evaluasi untuk pemerataan bantuan dan monitoring serta evaluasi terhadap bantuan sosial dan pemberdayaan bagi Warga Miskin yang ada di Kota Semarang, sehingga Sinergitas dan komplemetari Program bantuan antara Pusat, Provinsi dan daerah akan dapat terlihat  melalui SIDAKSOS. Sidaksos juga memuat Rekapitulasi Data yang terperinci yang dapat menggambarkan kondisi warga miskin di Kota Semarang sehingga bisa membantu Eksekutif dalam pengambilan keputusan lebih lanjut.

Share this post



© Copyright 2021. All Rights Reserved.